:: Profil Sekolah

SD Muhammadiyah 1 Jember semakin memantapkan keberadaannya sebagai salah satu sekolah swasta ungggul yang diperhitungkan di kabupaten Jember. Saat ini jumlah siswa 717 orang, 33 guru, 10 guru BTA, dan 10 karyawan. Memiliki tiga area gedung berlantai dua yang kokoh, halaman yang luas, asri dan sejuk. Tiga gedung tersebut terdiri dari 19 kelas (tahun pelajaran 2014-2015 bertambah satu kelas, kelas 1D), kantor, ruang guru, ruang UKS dengan Dokter Jaga, laboratorim IPA dan TIK, mushalla, kantin, lapangan basket,  perpustakaan, jaringan internet, dan layanan Sipinter. Untuk pengembangan dan peningkatan kualitas sekolah, serta melengkapi fasilitas sekolah saat ini sedang dalam taraf penyelesaian pembangunan gedung baru yang nantinya akan digunakan sebagai perkantoran, ruang pembelajaran dan aula.

Dalam bidang akademik, sekolah berupaya meningkatkan profesionalisme guru dengan mengadakan pelatihan guru atau mengirimkan guru untuk mengikuti pelatihan guru baik di tingkat KKG kecamatan Sumbersasri, kabupaten maupun propinsi.  Pemberlakuan Kurikulum 2013 di kabupaten Jember mempercayakan pada SD Muhammadiyah 1 Jember untuk menjadi pilot project . Satu-satunya sekolah dasar swasta pertama yang mendapat kepercayaan melaksanakan Kurikulum 13. Hal ini tentu saja tidak lepas dari kualitas dan kapabilitas manajerial pimpinan sekolah, guru dan karyawan beserta stakeholder dalam menyelenggarakan pendidikan di sekolah. Bahkan dua dari guru SD Muhammadiyah 1 Jember mendapat kepercayaan sebagai Intruktur Nasional Kurikulum 13, yaitu Susilawati, S.Pd dan Yuvi Chusnul Chotimah, S.Pd. Sejak pemberlakuan Kurikulum 13 tahun pelajaran 2013-2014 untuk kelas 1 dan 4, dilanjutkan pada tahun pelajaran 2014-2015 diberlakukan untuk kelas 2 dan 5. Sedangkan kelas 3 dan 6 mulai tahun 2015 – 2016. Sejak tahun 2016 – 2017 semua kelas 1 – 6 menggunakan KUR 2013.

   Adapun upaya untuk pendalaman kemampuan Baca Tulis Al Qur’an, sekolah bekerjasama dengan Majelis Dikdasmen PWM Jawa Timur telah memberikan pelatihan pada Guru-guru BTA dalam pembelajaran Tajdid yang nantinya akan disampaikan dalam pembelajaran siswa di kelas.

Khusus kelas 4-6 ada materi tambahan terjemah Al Qur’an, adapun buku panduannya meliputi jilid 1 untuk kelas 4 , jilid 2 untuk kelas 5 dan jilid 3 untuk kelas 6. Buku tersebut ditulis oleh Bapak Drs. Hery Yudi Siswoyo dan diterbitkan oleh SD Muhammadiyah 1 Jember sejak tahun 2011, hingga sekarang 2014 sudah cetakan ke empat. Program terjemah Al Qur’an ini bertujuan memberikan pendalaman lebih tentang arti perkata dalam ayat-ayat Al Qur’an, dengan harapan siswa akan bertambah keimanannya yang diwujudkan dalam pelaksanaan amal ibadahnya serta berakhlaqul karimah dimanapun berada.